3/16/09

Program Masjid Musholla Indonesia


one-to-many

Lagi buat project Kecil, tapi Besar ..
Kecil karena tanpa dana besar, Besar karena akan Besar sekali manfaatnya untuk semua.


Program ini ditujukan untuk memfasilitasi infaq masjid secara LANGSUNG, CEPAT, TEPAT, dan TERPERCAYA.

LANGSUNG, karena bisa infaq secara langsung kepada Masjid atau Musholla di Indonesia, dimanapun berada. CEPAT, karena menggunakan rekening bank, sehingga dengan mudah dapat transfer secara online. TEPAT, karena sistem yang akan dikembangkan ini akan memberikan informasi lengkap Masjid dan Musholla yang perlu mendapat bantuan cepat, sedang mengalami kekurangan dana, dlsb. TERPERCAYA, karena menggunakan satu bank dan sistem (syariah) yang terpercaya.




Program Masjid-Musholla Indonesia

Mari memakmurkan masjid lewat infaq secara langsung pada yang membutuhkan.
Sebaiknya tidak perlu membangun Masjid dan Musholla, kecuali memang masyarakat di sekitar membutuhkannya.
Artinya, bila masyarakat sekitar masih bisa menjangkau Masjid atau Musholla yang telah berdiri sebelumnya kenapa berlomba-lomba membuat Masjid dan Musholla yang hanya sebagai landmark, benda bersejarah, dimana masyarakat banyak yang tidak memakmurkannya.


YahooGroups direncanakan sebagai tempat diskusi anggota tim


HR.Khamsah, kecuali Imam Tirmidzi dan dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah dari jalan Anas ra. Dari Nabi saw. "Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum orang-orang saling berbangga diri dengan masjid-masjidnya".

Apa yang disabdakan Nabi kita saw. adalah haq benar adanya.
Rasululloh saw. mengabarkan tentang itu, sekaligus sebagai peringatan bagi kita ummatnya agar menghindarinya dan tidak termasuk menjadi kaum yang berbangga-bangga dengan masjidnya. Coba kita renungkan, dari kenyataan yang sudah kita lihat, saudara kita kaum Muslimin sebagian besarnya sangat tidak memperhatikan akibat dari banyaknya membangun-bangun mesjid ataupun musholla. Padahal masjid yang telah ada disekitarnya cukup terjangkau dan mencukupi untuk menampung jamaah yang banyak.

Akibatnya Jamaah kaum Muslimin makin terpecah-pecah . Kemudian disisi lain, kita telah lihat pula bahwa sebagian besarnya hanya rajin dan semangat di awal-awal pembangunannya saja.

Sedangkan untuk memakmurkannya mereka tidak mau kecuali sedikit sekali diantara mereka.. Baik sholat berjamaah maupun majelis-majelis taklimnya. Sehingga meskipun jumlah mesjid banyak, namun tetap saja sepi. Hanya kita lihat benar-benar makmur saat sholat Jum'at dan bulan ramadlan saja. Karenanya sebagaimana sunnah dari Nabi saw. mari kita makmurkan masjid yang telah ada dengan menetapi sholat berjamaah dan mengadakan majelis-majelis taklim yang shohih. Dan jika ada di lingkungan kita ada yang ingin mendirikan masjid atau musholla lagi, hendaklah direnungkan dan dipertimbangkan agar tidak menyelisihi sunnah Nabisaw. Jika tidak paham dan ada syubhat , hendaklah kita bertanya pada ahlul ilmy. Jangan asal ikut-ikutan atas keputusan yang tidak didasari dengan ilmu dan pertimbangansunnah.

Dalam hadist Arba'in No.41 disebutkan " Tidaklah beriman salah seorang diantara kamu hingga menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa-apa yang dibawa oleh Nabi saw"



1 comment:

  1. Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Secara ringkasnya masjid adalah sebuah bangunan yang sengaja didirikan ummat Islam sebagai tempat penghambaan diri kepada Allah dalam sehari semalam minimal lima waktu berupa salat berjama’ah. Dalam sepekan sekali yang wajib digunakannya adalah pada hari Jum’at untuk menunaikan salat Jum’at sebagai pengganti salat dhuhur Karena itu pula ia juga selalu disebut rumah Allah atau Bait Allah sebagaiman juga tertera dalam Al-Qur’an yang mulya.

    Melalui komunitas Wisata Masjid ini, marilah kita para muslim di Indonesia bersama-sama mengenal lebih jauh Masjid-Masjid yang ada di tanah air kita ini. Bahkan Masjid-Masid lain di dunia ini yang khususnya memiliki nilai sejarah dalam perkembangan agama Islam. Namun tentunya dimulai dengan mengenal Masjid-Masjid yang ada di sekitar lingkungan kita. Sehingga membuat kita lebih mengenal Masjid dan mengingatkan kita untuk selalu mendatanginya di setiap waktu sholat berkumandang.


    http://groups.yahoo.com/group/wisata-masjid/

    ReplyDelete